Rabu, 29 Oktober 2014

Tela'ah Matari Akhlak di SMA


BAB I
PENDAHULUAN

A.           Latar Belakang Masalah
Akhlak dalam ajaran Islam merupakan pangkal utama dalam menumbuhkan keyakinan manusia kepada Tuahnnya dan mengatur tata kehidupan di dunia, serta sebagai bekal di akhirat kelak. Dalam pembelajaran pada tingkat sekolah, Aqidah Akhlak merupakan dasar pengetahuan kognitif yang sarat dengan pembentukan dan pengembangan kearah afeksi siswa. Dalam hal ini siswa tidak dijejali pengetahuan belaka, tetapi bagaimana siswa mampu meyakini dan menerapkannya dalam kehidupan.
Menurut Ahmad Tafsir  persoalan bangsa ini hanya masalah akhlak sebanarnya, pendidikan di Indonesia kebanyakan hanya berkisar pada pengetahuan kognitif saja Seperti Matematika, IPA, Bahasa Inggris. Sedangkan akhlaknya tidak begitu diperhatikan. Memang ada yang memperhatikan tetapi hanya sedikit.
Kemudian dalam kesempatan lain, beliau juga mengemukakan salah satu ketidak berhasilan pendidikan, karena tujuan yang tidak jelas. Tujuan utama dalam pendidikan agar lebih diarahkan kepada Pembentukan Akhlak Mulia. Apapun materi dan pembelajarannya penanaman akhlak hendaknya menjadi nomor satu. Aqidah yang mengakar menjadi pondasi dan akhlak yang mendasar menjadi prestasi. 
Untuk menumbuhkan keyakinan pada setiap siswa, semestinya harus didahului dengan pengetahuan siswa tentang materi yang akan diajarkan. Pertanyaannya adalah bagaimana siswa yakin akan sesuatu kalau mereka tidak mengetahui tentang sesuatu itu? Dasar pengetahuan inilah yang mesti dipupuk pada benak dan diri siswa, agar tumbuh kesadaran betapa pentingnya keyakinan kepada Allah sebagai Tuhannya. Keasadaran itu akan berimbas pada keteraturan hidup secara individual maupun kelompok. Dengan kata lain keyakinan melalui akidah, seseorang dapat dibimbing kearah pembentukan akhlaq al-karimah dalam menjalankan roda kehidupan.
B.         Perumusan Masalah
Rumusan Masalah yang penulis ambil dari Penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.        Bagaimana Profil SMAN 19 GARUT ?
2.        Bagaimana kajian model pembelajaran yang cocok untuk pembelajaran akhlak di SMAN 19 GARUT?
3.        Bagimana keberadaan materi, Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD) , dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMAN 19 GARUT?
4.        Bagaimana Metode yang digunakan di SMAN 19 GARUT ?
5.         Bagaimana Hasil Wawancara terhadap Materi Akhlak di SMAN 19 GARUT ?
6.        Bagaimana solusi yang diberikan untuk kemajuan Akhlak pada siswa SMAN 19 GARUT dimasa yang akan datang?
C.           Tujuan Penelitian
     Adapun Tujuan Kami dalam melakukan Penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui sejauh mana Akhlak para Siswa di SMA NEGERI 19 GARUT
2.      Untuk mengetahui sejauh mana peran Sekolah dalam meningkatkan Akhlak Siswa di SMA NEGERI 19 GARUT
D.       Manfaat Penelitian
 Apabila Tujuan Penelitian tersebut dapat dicapai,maka akan menghasilkan beberapa manfaat,diantaranya sebagai berikut:
1.  Mengembangkan Akhlak Mahmudah pada Seluruh Siswa di SMA NEGERI 19 GARUT
2.  Mengembangkan Akhlak yang Islami di SMA NEGERI 19 GARUT

BAB I
PEMBAHASAN

A.      Profil SMAN 19 GARUT

Adapun Profil SMAN 19 GARUT adalah sebagai berikut:

PROFIL SMA NEGERI 19 GARUT
IDENTITAS SEKOLAH
Nama Sekolah            : SMAN 1 Bayongbong (SMAN 19 Garut)
Mulai Berdiri              : 2001 - 2002
SK pendirian               : 6422/VI/KIMPRASDA/01
Alamat                        : Jl. Raya Simpang No.100 Bayongbong Garut
 KEADAAN TANAH
Luas Tanah                                : 8.725 M2/5.198 M2
Sertifikat Tanah                         : Dalam Proses
Luas Bangunan                          : 1332 M2
Luas Lapangan Olahraga           : 510.5 M2
Luas Lapangan Upacara             : 239.30 M2
Luas Taman                                : 157.5 M2
Luas Tempat Parkir                    : 6110 M2
Luas Jalan                                   : 120 cm x 50 M
 BATAS TANAH
Timur                                 : Jalan Raya
Barat                                  : Jalan kereta Api (KA)
Utara                                  : Puskesmas
Selatan                               : Pasar Lama


B.       Ranah Kajian Pembelajaran SMAN 19 GARUT
Adapun Ranah kajian yang akan diajarkan di SMAN 19 Garut adalah sebagai berikut:
1.    Kelas X Semester I dan II
a.    Husnuzhan
b.    Adab Berpakaian,Berhias dan Bertamu
c.    Hasud
d.   Riya
e.    Aniaya
2.    Kelas XI Semester I dan II
a.    Taubat
b.    Raja’
c.    Menghargai Karya Orang lain
d.   Dosa besar
3.    Kelas XII Semester I dan II
a.    Adil
b.    Ridha
c.    Amal Shaleh
d.   Persatuan dan Kerukunan
e.    Isyraf
f.     Tabdzir
g.    Ghibah
h.    Fitnah

C.            Analisis Materi,SK – KD,Silabus dan RPP SMAN 19 GARUT
 Pembelajaran Akhlaq di tingkat SMAN 19 GARUT ini penulis akan menyajikan empat hal yang kiranya perlu dianalisa.
Empat hal tersebut antara lain yaitu SK-KD , Silabus, RPP dan Materi Pelajaran Akhlak SMAN 19 GARUT dari kelas X sampai kelas XII.
1.       Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar mata pelajaran Akhlak tingkat SMAN 19 GARUT

Kelas X Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
4.   Membiasakan perilaku terpuji


1.      Menyebutkan pengertian perilaku  husnuzhan.
2.      Menyebutkan contoh-contoh  perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia
3.      Membiasakan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari

Kelas X Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
9.  Membiasakan perilaku terpuji


1.       Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu.
2.      Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu.
3.      Mempraktikkan adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari
10.   Menghindari perilaku tercela


10. 1. Menjelaskan pengertian hasud riya dan aniaya.
   2. Menampilkan contoh-contoh perilaku hasud riya dan aniaya.
1 3. Menghindari perilaku hasud    riya dan aniaya dalam kehidupan sehari-hari



Kelas XI  Semester 1
9.       Membiasakan berperilaku terpuji


1.      Menjelaskan pengertian  taubat dan raja`.
2.      Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat dan raja`.
3.      Membiasakan perilaku bertaubat dan  raja` dalam kehidupan sehari hari

Kelas XI Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
9.       Membiasakan perilaku terpuji



1.      Menjelaskan pengertian dan maksud  menghargai karya orang lain.
2.      Menampilkan contoh  perilaku menghargai karya orang lain.
3.      Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari
10.   Menghindari perilaku tercela


10. 1. Menjelaskan pengertian Dosa besar.
10.  2. Menyebutkan contoh perbuatan dosa besar.
1 3. Menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari

Kelas XII Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Membiasakan perilaku terpuji


1.      Menjelaskan pengertian adil, ridha, dan amal shaleh
2.      Menampilkan contoh perilaku adil, ridha, dan amal shaleh
3.      Membiasakan perilaku adil, ridha, dan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari

Kelas XII Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR   
9.       Membiasakan perilaku terpuji


9.1 1. Menjelaskan pengertian dan maksud persatuan dan kerukunan.
9.2  2.  Menampilkan contoh perilaku  persatuan dan kerukunan.
9.3  2.Membiasakan perilaku persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari
10  Menghindari perilaku tercela


10.1. Menjelaskan pengertian  isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah.
10.2.Menjelaskan contoh  perilaku  isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah.
10.3. Menghindari perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah dalam kehidupan sehari-hari

 Berdasarkan Analisa penulis, bahwa materi dan SKKD yang diajarkan di SMAN 19 GARUT sesuai dengan silabus atau dengan yang telah direncanakan oleh SMAN tersebut.
Adapun mengenai Materi yang diajarkan si SMAN tersebut menurut penulis materinya lumayan cocok untuk tingkat SMA karena materi-materi yang akan diajarkan kepada para siswa-siswanya bersifat komferehensif dengan berbagai penjelasan-penjelasan dan argumen-argumen Naqli maupun Naqli.
2.         Silabus dan RPP
Secara prinsip penulis tidak terlalu mempermasalahkan penulisan silabus dan RPP. Karena menurut pendapat penulis seluruh silabus dan RPP adalah baik asal sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam pembuatannya. Oleh karenanya penulis cenderung memberikan contoh dan solusi pembuatan silabus dan RPP yang dianggap sedikit lebih mendekati aturan yang ditentukan dan disesuaikan dengan model yang dibuat.
3.         Analisis Materi
Menyangkut Masalah Materi, materi yang akan diajarkan di SMAN 19 Garut tersebut cocok dan sesuai dengan Silabus dan RPP.Oleh karena itu dalam materi yang akan diajarkan  Menurut penulis tidak ada masalah sama sekali.
D.            Metode yang digunakan di SMAN 19 GARUT
Metode yang digunakan dalam KBM di SMA NEGERI 19 GARUT cukup bagus dan bervariasi,karena banyak menggunakan Metode-metode yang sesuai sehingga menarik para siswanya untuk merubah Akhlak yang buruk yang ada didalam diri Siswanya menuju Akhlak yang baik.
Adapun Metode yang digunakan di SMAN 19 GARUT adalah sebagai berikut:
1.      Metode Ceramah
2.      Metode Tanya Jawab
3.      Metode Diskusi
4.      Metode Praktek
            Selanjutnya, Alat,Media dan Sumber yang digunakan di SMAN 19 GARUT itu sangatlah lengkap,karena disekolah itu Alat,Media dan sumbernya sudah modern sehingga sangat memudahkan sekali dalam penyampaian materi yang akan disampaikan kepada -muridnya.Berbagai jenis alat dan mdia pembelajaran si sekolah itu sangat lengkap dan semuanya itu ada disekolah itu.
E.            Hasil Wawancara di SMAN 19 GARUT
Adapun hasil wawancara,ketika Kami menanyakan kepada guru yang bersangkutan tentang sumber materi pelajaran Akhlak yang diajarkan,Beliau menjawab bahwa sumber yang digunakan adalah sama dengan yang tertera di RPP dan sumber lainya yang ada kaitanya dengan Materi tersebut.
Kemudian Kami menanyakan kembali tentang metode pembelajaran yang digunakan kepada Beliau.Maka Beliau menjawab Meskipun dalam penggunaan Metode pembelajaran yang belum begitu bervariasi,tetapi Motode tersebut memiliki dampak yang positif terhadap  siswa SMAN 19 GARUT.
F.             Solusi untuk meningkatkan Akhlak Siswa di SMAN 19 GARUT
 Adapun Solusi untuk meningkatkan Akhlak siswa SMAN 19 GARUT dimasa  yang akan dating adalah sebagai berikut:
1.     Bimbingan terhadap Pemahaman Agama
Maksudnya adalah setiap siswa siswi yang ada di SMAN 19 Garut harus diberikan bimbingan tentang pemahaman Agama dan pentingnya akhlak dalam kehidupan sehari-hari karena Akhlak tersebut sangatlah penting bagi kehidupan manusia.Karena dengan Akhlak manusia itu akan dicap baik atau buruk oleh masyarakat.
2.     Perubahan Materi
Materi yang diberikan harus sesuai dengan tingkatan siswa SMA dan harus lebih komperehensif lagi .
3.     Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan dalam KBM harus lebih Kreatif dan Inovatif agar siswa tidak merasa bosan dalam KBM.










BAB III
PENUTUP

A.        Kesimpulan
Dari uraian diatas penulis dapat menyimpulkan bahwa guru harus mampu membuat desain pembelajaran dengan baik sesuai dengan kebutuhan siswa. Tidak semua materi yang disajikan dapat cocok dengan seluruh desain pembalajaran.Materi yang disampaikan harus sesuai dengan tingkatanya,mudah dipahami,ringan,dan bahasanya mudah dimengerti.Materi pembelajaran Akhlaq hendaknya diberikan bukan sekedar pengetahuan belaka, tetapi harus lebih menitik beratkan kepada aplikasi dalam kehidupan nyata.
B.                                         Saran
Untuk meningkatkan dan menerapkan akhlak terhadap siswa-siswi SMAN 19 Garut maka perlu diadakan bimbingan khusus mengenai pemahaman Agama dari berbagai pihak.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar