BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Akhlak dalam ajaran Islam merupakan pangkal
utama dalam menumbuhkan keyakinan manusia kepada Tuahnnya dan mengatur tata
kehidupan di dunia, serta sebagai bekal di akhirat kelak. Dalam pembelajaran pada tingkat sekolah,
Aqidah Akhlak merupakan dasar pengetahuan kognitif yang sarat dengan
pembentukan dan pengembangan kearah afeksi siswa. Dalam hal ini siswa tidak
dijejali pengetahuan belaka, tetapi bagaimana siswa mampu meyakini dan
menerapkannya dalam kehidupan.
Menurut Ahmad Tafsir
persoalan bangsa ini hanya masalah akhlak sebanarnya, pendidikan di
Indonesia kebanyakan hanya berkisar pada pengetahuan kognitif saja Seperti Matematika,
IPA, Bahasa Inggris. Sedangkan
akhlaknya tidak begitu diperhatikan. Memang ada yang memperhatikan tetapi hanya sedikit.
Kemudian
dalam kesempatan lain,
beliau juga mengemukakan salah satu ketidak berhasilan pendidikan, karena
tujuan yang tidak jelas. Tujuan utama dalam pendidikan agar lebih diarahkan
kepada Pembentukan Akhlak Mulia. Apapun materi dan pembelajarannya
penanaman akhlak hendaknya menjadi nomor satu. Aqidah yang mengakar menjadi
pondasi dan akhlak yang mendasar menjadi prestasi.
Untuk
menumbuhkan keyakinan pada setiap siswa, semestinya harus didahului dengan
pengetahuan siswa tentang materi yang akan diajarkan. Pertanyaannya adalah
bagaimana siswa yakin akan sesuatu kalau mereka tidak mengetahui tentang
sesuatu itu? Dasar pengetahuan inilah yang mesti dipupuk pada benak dan diri
siswa, agar tumbuh kesadaran betapa
pentingnya keyakinan kepada Allah sebagai Tuhannya. Keasadaran itu akan
berimbas pada keteraturan hidup secara individual maupun kelompok. Dengan kata
lain keyakinan melalui akidah, seseorang dapat dibimbing kearah pembentukan akhlaq
al-karimah dalam menjalankan roda kehidupan.
B.
Perumusan Masalah
Rumusan Masalah yang penulis ambil dari
Penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.
Bagaimana
Profil SMAN 19 GARUT ?
2.
Bagaimana
kajian model pembelajaran yang cocok untuk pembelajaran akhlak di SMAN 19 GARUT?
3.
Bagimana
keberadaan materi, Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD) , dan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) di SMAN 19 GARUT?
4.
Bagaimana
Metode yang digunakan di SMAN 19 GARUT ?
5.
Bagaimana
Hasil Wawancara terhadap Materi Akhlak di SMAN 19 GARUT ?
6.
Bagaimana
solusi yang diberikan untuk kemajuan Akhlak pada siswa SMAN 19 GARUT dimasa yang
akan datang?
C.
Tujuan Penelitian
Adapun Tujuan Kami dalam melakukan Penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.
Untuk
mengetahui sejauh mana Akhlak para Siswa di SMA NEGERI 19 GARUT
2.
Untuk
mengetahui sejauh mana peran Sekolah dalam meningkatkan Akhlak Siswa di SMA
NEGERI 19 GARUT
D. Manfaat Penelitian
Apabila
Tujuan Penelitian tersebut dapat dicapai,maka akan menghasilkan beberapa
manfaat,diantaranya sebagai berikut:
1. Mengembangkan
Akhlak Mahmudah pada Seluruh Siswa di SMA NEGERI 19 GARUT
2. Mengembangkan
Akhlak yang Islami di SMA NEGERI 19 GARUT
BAB I
PEMBAHASAN
A.
Profil SMAN 19 GARUT
PROFIL
SMA NEGERI 19 GARUT
IDENTITAS SEKOLAH
Nama Sekolah
:
SMAN 1 Bayongbong (SMAN 19 Garut)
Mulai Berdiri
: 2001 - 2002
SK pendirian
: 6422/VI/KIMPRASDA/01
Alamat
: Jl. Raya Simpang
No.100 Bayongbong Garut
KEADAAN TANAH
Luas Tanah
: 8.725 M2/5.198 M2
Sertifikat Tanah
: Dalam
Proses
Luas Bangunan
: 1332 M2
Luas Lapangan Olahraga
: 510.5 M2
Luas Lapangan Upacara
: 239.30 M2
Luas Taman
: 157.5 M2
Luas Tempat Parkir
: 6110 M2
Luas Jalan
: 120 cm x 50 M
BATAS TANAH
Timur
: Jalan Raya
Barat
: Jalan kereta Api (KA)
Utara
: Puskesmas
Selatan
: Pasar Lama
|
|
|
B.
Ranah Kajian Pembelajaran SMAN 19 GARUT
Adapun Ranah kajian yang akan diajarkan di SMAN 19 Garut
adalah sebagai berikut:
1.
Kelas X Semester I dan II
a.
Husnuzhan
b.
Adab Berpakaian,Berhias dan Bertamu
c.
Hasud
d.
Riya
e.
Aniaya
2.
Kelas XI Semester I dan II
a.
Taubat
b.
Raja’
c.
Menghargai Karya Orang lain
d.
Dosa besar
3.
Kelas XII Semester I dan II
a.
Adil
b.
Ridha
c.
Amal Shaleh
d.
Persatuan dan Kerukunan
e.
Isyraf
f.
Tabdzir
g.
Ghibah
h.
Fitnah
C.
Analisis
Materi,SK – KD,Silabus dan RPP SMAN 19 GARUT
Pembelajaran Akhlaq di
tingkat SMAN
19 GARUT ini penulis akan menyajikan empat hal yang kiranya
perlu dianalisa.
Empat hal tersebut antara lain yaitu SK-KD , Silabus,
RPP dan Materi Pelajaran Akhlak SMAN 19 GARUT dari kelas X sampai kelas
XII.
1.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar mata pelajaran
Akhlak tingkat SMAN 19 GARUT
Kelas X Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
4. Membiasakan
perilaku terpuji
|
1.
Menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan.
2.
Menyebutkan contoh-contoh perilaku husnuzhan
terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia
3.
Membiasakan perilaku husnuzhan dalam kehidupan
sehari-hari
|
Kelas X Semester
2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
9. Membiasakan
perilaku terpuji
|
1.
Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian,
berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu.
2.
Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian,
berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu.
3.
Mempraktikkan adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan,
bertamu dan atau menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari
|
10. Menghindari perilaku tercela
|
10. 1. Menjelaskan
pengertian hasud riya dan aniaya.
2. Menampilkan
contoh-contoh perilaku hasud riya dan aniaya.
1 3. Menghindari
perilaku hasud riya dan aniaya dalam kehidupan sehari-hari
|
Kelas XI Semester 1
9. Membiasakan
berperilaku terpuji
|
1.
Menjelaskan pengertian taubat dan raja`.
2.
Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat dan raja`.
3.
Membiasakan perilaku bertaubat dan raja` dalam
kehidupan sehari hari
|
Kelas XI Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
9. Membiasakan
perilaku terpuji
|
1.
Menjelaskan pengertian dan maksud menghargai
karya orang lain.
2.
Menampilkan contoh perilaku menghargai karya
orang lain.
3.
Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam
kehidupan sehari-hari
|
10. Menghindari perilaku tercela
|
10. 1. Menjelaskan
pengertian Dosa besar.
10. 2. Menyebutkan
contoh perbuatan dosa besar.
1 3. Menghindari
perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari
|
Kelas XII Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Membiasakan perilaku terpuji
|
1.
Menjelaskan pengertian adil, ridha, dan amal shaleh
2.
Menampilkan contoh perilaku adil, ridha, dan amal
shaleh
3.
Membiasakan perilaku adil, ridha, dan amal shaleh dalam
kehidupan sehari-hari
|
Kelas XII Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
9. Membiasakan
perilaku terpuji
|
9.1 1. Menjelaskan pengertian dan maksud persatuan dan
kerukunan.
9.2 2. Menampilkan
contoh perilaku persatuan dan kerukunan.
9.3 2.Membiasakan perilaku persatuan dan kerukunan dalam
kehidupan sehari-hari
|
10 Menghindari
perilaku tercela
|
10.1. Menjelaskan
pengertian isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah.
10.2.Menjelaskan
contoh perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah.
10.3. Menghindari
perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah dalam kehidupan sehari-hari
|
Berdasarkan Analisa penulis, bahwa materi dan SKKD yang
diajarkan di SMAN 19 GARUT sesuai dengan
silabus atau dengan yang telah direncanakan oleh SMAN tersebut.
Adapun mengenai Materi yang diajarkan si SMAN tersebut
menurut penulis materinya lumayan cocok untuk tingkat SMA karena materi-materi
yang akan diajarkan kepada para siswa-siswanya bersifat komferehensif dengan
berbagai penjelasan-penjelasan dan argumen-argumen Naqli maupun Naqli.
2.
Silabus
dan RPP
Secara
prinsip penulis tidak terlalu mempermasalahkan penulisan silabus dan RPP.
Karena menurut pendapat penulis seluruh silabus dan RPP adalah baik asal sesuai
dengan ketentuan yang berlaku dalam pembuatannya. Oleh karenanya penulis
cenderung memberikan contoh dan solusi pembuatan silabus dan RPP yang dianggap
sedikit lebih mendekati aturan yang ditentukan dan disesuaikan dengan model
yang dibuat.
3.
Analisis
Materi
Menyangkut
Masalah Materi,
materi yang
akan diajarkan di SMAN 19 Garut tersebut cocok dan sesuai dengan Silabus dan
RPP.Oleh karena itu dalam materi yang akan diajarkan Menurut penulis tidak ada masalah sama
sekali.
D.
Metode
yang digunakan di SMAN 19 GARUT
Metode yang
digunakan dalam KBM di SMA NEGERI 19 GARUT cukup bagus dan bervariasi,karena
banyak menggunakan Metode-metode yang sesuai sehingga menarik para siswanya
untuk merubah Akhlak yang buruk yang ada didalam diri Siswanya menuju Akhlak
yang baik.
Adapun Metode yang digunakan di SMAN 19 GARUT adalah
sebagai berikut:
1. Metode
Ceramah
2. Metode
Tanya Jawab
3. Metode
Diskusi
4. Metode Praktek
Selanjutnya,
Alat,Media dan Sumber yang digunakan di SMAN 19 GARUT itu sangatlah
lengkap,karena disekolah itu Alat,Media dan sumbernya sudah modern sehingga
sangat memudahkan sekali dalam penyampaian materi yang akan disampaikan kepada
-muridnya.Berbagai jenis alat dan mdia pembelajaran si sekolah itu sangat
lengkap dan semuanya itu ada disekolah itu.
E.
Hasil
Wawancara di SMAN 19 GARUT
Adapun
hasil wawancara,ketika Kami menanyakan kepada guru yang bersangkutan tentang
sumber materi pelajaran Akhlak yang diajarkan,Beliau menjawab bahwa sumber yang
digunakan adalah sama dengan yang tertera di RPP dan sumber lainya yang ada
kaitanya dengan Materi tersebut.
Kemudian
Kami menanyakan kembali tentang metode pembelajaran yang digunakan kepada
Beliau.Maka Beliau menjawab Meskipun dalam penggunaan Metode pembelajaran yang
belum begitu bervariasi,tetapi Motode tersebut memiliki dampak yang positif
terhadap siswa SMAN 19 GARUT.
F.
Solusi
untuk meningkatkan Akhlak Siswa di SMAN 19 GARUT
Adapun
Solusi untuk meningkatkan Akhlak siswa SMAN 19 GARUT dimasa yang akan dating adalah sebagai berikut:
1.
Bimbingan terhadap Pemahaman Agama
Maksudnya
adalah setiap siswa siswi yang ada di SMAN 19 Garut harus diberikan bimbingan
tentang pemahaman Agama dan pentingnya akhlak dalam kehidupan sehari-hari
karena Akhlak tersebut sangatlah penting bagi kehidupan manusia.Karena dengan
Akhlak manusia itu akan dicap baik atau buruk oleh masyarakat.
2. Perubahan Materi
Materi
yang diberikan harus sesuai dengan tingkatan siswa SMA dan harus
lebih komperehensif lagi .
3. Metode Pembelajaran
Metode
yang digunakan dalam KBM harus lebih Kreatif dan Inovatif agar siswa tidak
merasa bosan dalam KBM.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari uraian diatas penulis dapat menyimpulkan bahwa guru
harus mampu membuat desain pembelajaran dengan baik sesuai dengan kebutuhan
siswa. Tidak semua materi yang disajikan dapat cocok dengan seluruh desain pembalajaran.Materi yang
disampaikan harus sesuai dengan tingkatanya,mudah dipahami,ringan,dan bahasanya
mudah dimengerti.Materi pembelajaran Akhlaq hendaknya diberikan bukan
sekedar pengetahuan belaka, tetapi harus lebih menitik beratkan kepada aplikasi
dalam kehidupan nyata.
B.
Saran
Untuk meningkatkan dan menerapkan
akhlak terhadap siswa-siswi SMAN 19 Garut maka perlu diadakan bimbingan khusus
mengenai pemahaman Agama dari berbagai pihak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar