Rabu, 29 Oktober 2014

Tela'ah Materi Aqidah di MI


BAB I
PENDAHULUAN
A.        Latar Belakang Masalah
Di dalam UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa:“ Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang bertanggung jawab. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka salah satu bidang studi yang harus dipelajari oleh peserta didik di Madrasah adalah pendidikan agama Islam, yang dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia”.
Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah terdiri atas empat mata pelajaran, yaitu: Al-Qur’an Hadis, Aqidah Akhlak, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Masing-masing Mata Pelajaran tersebut pada dasarnya saling terkait,saling  isi mengisi, dan saling melengkapi.
Akidah atau Keimanan merupakan akar atau pokok Agama dan Akhlak bertitik tolak dari Akidah, yakni sebagai konsekuensi dari Akidah.Akhlak merupakan aspek sikap hidup atau kepribadian hidup manusia, dalam arti bagaimana sistem norma yang mengatur hubungan manusia dengan Allah dan hubungan manusia dengan manusia lainnya itu menjadi sikap hidup dan kepribadian hidup manusia dalam menjalankan sistem kehidupannya.
Dalam pembelajaran diperlukan adanya Standar yang dapat dijadikan ukuran dan Pedoman. Standar Kompetensi yang mana merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas atau semester pada suatu Mata Pelajaran. Sedangkan Kompetensi Dasar merupakan sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.
Dengan adanya SK dan KD diharapkan tujuan pembelajaran akan tercapai.
Meskipun demikian,masih banyak  Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dalam Mata pelajaran Akidah  yang mengajarkan hal-hal yang yang tidak sesuai dengan Syari’at Islam ( Menyimpang ).Oleh sebab itulah maka Penulis akan meneliti dan memfokuskan untuk menganalisis  Materi,SK dan KD kelas I-VI Madrasah Ibtidaiyah.
B.       Perumusan  Masalah
Dalam Penelitian ini akan dirumuskan beberapa masalah,yaitu diantaranya sebagai berikut:
1.   Bagaimana Ranah Kajian Aqidah di kelas I-VI MI ?
2.   Bagaimana SK-KD Aqidah di kelas I-VI MI ?
3.   Apa saja Kejanggalan dan Penyimpangan di buku Aqidah kelas I-VI MI ?
4.   Bagaimana Hasil Penelitian Aqidah di kelas I-VI MI ?
C.       Tujuan Penelitian
Tujuan Penelitian ini dilakukan yaitu sebagai berikut:
1.    Untuk mengetahui apakah ada Materi Aqidah yang janggal atau menyimpang di kelas I-VI Madrasah Ibtidaiyah
2.    Untuk mengetahui apakah ada SKKD Aqidah yang janggal atau menyimpang di kelas I-VI Madrasah Ibtidaiyah












BAB II
LANDASAN TEORITIS
A.     Ranah Kajian Aqidah Tingkat Madrasah Ibtidaiyah
1.      Ranah Kajian Aqidah kelas I Madrasah Ibtidaiyah
a.    Semester I
       Bab I : Rukun Iman dan Lafal Dua Kalimah Syahadah
 Bab II : Asma’ul Husna
-          Al-Ahad
-          Al-Khaliq
b.    Semester II
 Bab III: Kalimat Tayyibah dan  Asmaul Husna
-          Basmallah
-          Ar – Rahman
-          Ar – Rahim
-          As-Sami
2.      Ranah Kajian Aqidah kelas II Madrasah Ibtidaiyah
a.    Semester I
       Bab I : Kalimat Tayyibah dan Asma’ul Husna
-          Hamdalah
-          Ar-Razaq
-          Al-Magni
-          Al-Hamid
-          As-Syakur
b.    Semester II
Bab II : Kalimat Tayyibah dan Asma’ul Husna
-          Tasbih
-          Al-Quddus
-          As-Shamad
-          Al-Muhaimin
-          Al-Badi
3.      Ranah Kajian Aqidah kelas III Madrasah Ibtidaiyah
a.    Semester I
       Bab I : Kalimat Tayyibah I
-          Subhanallah
-          Masya Allah
 Bab II : Asma’ul Husna I
-          Al-Mushawwir
-          Al-Halim
-          Al-Karim
 Bab III : Beriman kepada Malaikat-malaikat Allah
b.     Semester II
 Bab IV : Kalimat Tayyibah II
-          Taawuz
 Bab V : Asma’ul Husna II
-          Al-Bathin
-          Al-Wali
-          Al-Mujib
-          Al-Wahhab
 Bab VI : Makhluh Gaib selain Malaikat
4.      Ranah Kajian Aqidah kelas IV Madrasah Ibtidaiyah
a.     Semester I
       Bab I : Kalimat Tayyibah dan Asma’ul Husna
-          Subhanallah
-          Masya Allah
-          Al-Alim
-          Az-Zahir
-          Ar-Rasyid
-          Al-Hadi
 Bab II : Mengenal Kitab-kitab Allah

b.     Semester II
 Bab III : Kalimat Tayyibah dan Asma’ul Husna
-          Assalamu’alaikum
-          As-Salam
-          Al-Mu’min
-          Al-Latif
 Bab IV : Beriman kepada Rasul-rasul Allah
5.      Ranah Kajian Aqidah kelas V Madrasah Ibtidaiyah
a.     Semester I
        Bab I : Kalimat Tayyibah dan  Asmaul Husna
-          Salawat Nabi
-          Al – Baqi
-          Al – Bashir
  Bab II : Beriman Kepada Hari Akhir
b.    Semester II
 Bab III: Kalimat Tayyibah dan  Asmaul Husna
-           Istirja’
-          Al – Muhyi
-          Al – Mumit
6.      Ranah Kajian Aqidah kelas VI Madrasah Ibtidaiyah
a.     Semester I
        Bab I : Kalimat Tayyibah
-          Lahaula wala quwwata illa billah
  Bab II : Beriman Kepada Qada dan Qadar
b.    Semester II
 Bab III: Kalimat Tayyibah dan  Asmaul Husna
-           Istigfar
-          Al – Gafur
B.     SKKD Aqidah Tingkat Madrasah Ibtidaiyah
1.      SKKD  kelas I Semester I dan II
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.    Mengenal Rukun Iman.Syahadat Tauhid dan Syahadat Rasul,Asma’ul Husna ( Al-Ahad dan Al-Khaliq )
2.    Mengenal Rukun Iman.Syahadat Tauhid dan Syahadat Rasul,Asma’ul Husna ( Al-Ahad dan Al-Khaliq )
1.1  Menghapal enam Rukun Iman
1.2  Menghapal Dua kalimah Syahadah
1.3       Mengartikan Dua kalimah Syahada
2.1 Mengenal sifat-sifat Allah ( Al-Ahad dan Al-Khaliq ) melalui kisah Nabi Ibrahim AS mencari Tuhanya
Semester II
    STANDAR KOMPETENSI
        KOMPETENSI DASAR
1.    Memahami Kalimat Tayyibah                   ( Basmalah ), dan Asmaul Husna ( Ar-Rahman, Ar-Rahim dan As – Sami’ )


1.1           Mengenal Allah melalui kalimat tayyibah     ( Basmalah )
1.2           Mengenal sifat-sifat ( Ar-Rahman,Ar-Rahim dan As-Sami’ ) melalui kish Nabi Sulaiman dengan tentara semut


















2.      SKKD  kelas II Semester I dan II
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.    Memahami Kalimat Tayyibah                   ( Hamdalah ), dan Asmaul Husna ( Ar-Razak, Al-Mugni,Al-Hamid dan As – Syakur )



1.1       Mengenal Allah melalui kalimat Tayyibah ( Hamdalah )
1.2       Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Asma’ul Husna ( Ar-Razak, Al-Mugni,Al-Hamid dan As – Syakur )
1.3       Mengenal Allah melalui pengenalan terhadap shalat lima waktu
Semester II
    STANDAR KOMPETENSI
        KOMPETENSI DASAR
2.    Memahami Kalimat Tayyibah                   ( Tasbih ), dan Asmaul Husna ( Al-Qudus, As-Shamad ,Al-Muhaimin dan Al-Badi )



2.1           Mengenal Allah melalui kalimat tayyibah     ( Tasbih )
2.2           Mengenal sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Asma’ul Husna        ( Al-Qudus, As-Shamad ,Al-Muhaimin dan Al-Badi )

3.  SKKD  kelas III Semester I dan II
    STANDAR KOMPETENSI
        KOMPETENSI DASAR
1.    Memahami Kalimat Tayyibah                   ( Subhanallah dan Masya Allah )

2.    Memahami Sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Asma’ul Husna


3.    Beriman kepada Malaikat-malaikat Allah
1.1       Mengenal Allah melalui kalimat tayyibah     ( Subhanallah dan Masya Allah )
1.2      Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Asma’ul Husna ( Al-Mushowir,Al-Halim dan Al-Karim )
1.3      Mengenal Malaikat-Malaikat Allah
Semester II
    STANDAR KOMPETENSI
        KOMPETENSI DASAR
1.      Memahami Kalimat Tayyibah                   ( Taawuz )
2.      Memahami Sifat-sifat Allah dalam Asma’ul Husna


3.      Beriman kepada Makhluk ghaib selain Malaikat
1.1           Mengenal Allah melalui kalimat tayyibah     ( Taawuz )
2.1         Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Asma’ul Husna        ( Al-Bathin, Al-Wali ,Al-Mujib dan Al-Wahhab )
3.1 Mengenal Makhluk ghaib selain Malaikat ( Jin dan Syetan )

4.  SKKD  kelas IV Semester I dan II
    STANDAR KOMPETENSI
        KOMPETENSI DASAR
1.         Memahami Kalimat Tayyibah                   ( Masya Allah dan Subhanallah ) dan Asma’ul Husna ( Al-Alim,Az-Zahir, Ar-Rasyid dan Al-Hadi )



2.         Beriman kepada Kitab-kitab Allah
1.1     Mengenal Allah melalui kalimat  tayyibah     (Masya Allah dan Subhanallah )
1.2    Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Asma’ul Husna ( Al-Alim,Az-Zahir, Ar-Rasyid dan Al-Hadi )
2.1    Mengenal Malaikat-Malaikat Allah
Semester II
    STANDAR KOMPETENSI
        KOMPETENSI DASAR
1.            Memahami Kalimat Tayyibah                   ( Assalamualaikum ) dan Asma’ul Husna ( As-Salam,Al-Mu’min dan Al-Latif )


2.        Beriman kepada Rasul-Rasul Allah
1.2           Mengenal Allah melalui kalimat tayyibah     ( Assalamualaikum )
a.              Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Asma’ul Husna        ( As-Salam,Al-Mu’min dan Al-Latif )
2.1 Mengenal Rasul dan Nabi Allah



5.  SKKD  kelas V Semester I dan II
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.    Memahami Kalimat Tayyibah  (Salawat Nabi ),Asmaul Husna ( Al - Baqi dan Al – Bashir )


2.    Beriman kepada Hari Akhir ( Kiamat )
1.1 Mengenal Allah Melalui Kalimat    Tayyibah  ( Salawat Nabi )
1.2    Mengenal Allah melalui sifat-sifat allah     yang terkandung dalam Asmaul Husna
        ( Asmaul Husna )
2.1    Mengenal adanya Hari Akhir ( Kiamat )
Semester II
    STANDAR KOMPETENSI
        KOMPETENSI DASAR
1.        Memahami Kalimat Tayyibah  ( Tarji’ ), dan Asmaul Husna ( Al – Muhyi dan Al – Mumit )
1.1           Mengenal allah melalui kalimat tayyibah     ( Istirjai’)
1.2           Mengenal Allah melalui Sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Asmaul Husna    ( Al-Muhyi dan Al-Mumit )

6.  SKKD  kelas VI Semester I dan II
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.            Memahami Kalimat Tayyibah  ( La haula wala quwata illa billahil aliyul adzim )




2.            Beriman kepada Takdir Allah
1.1 Mengenal Allah Melalui Kalimat    Tayyibah  ( La haula wala quwata illa billahil aliyul adzim )
1.2    Mengenal Allah melalui sifat-sifat allah     yang terkandung dalam Asmaul Husna
        ( Al-Qawi,Al-Hakim,Al-Mushawir dan Al-Qadir )
2.1     Mengenal adanya Takdir Allah


Semester II
    STANDAR KOMPETENSI
        KOMPETENSI DASAR
1.        Memahami Kalimat Tayyibah              ( Istigfar ), dan Asmaul Husna ( Al – Gafur,Al-Afuwu,As-Sobur dam Al-Halim )
1.1    Mengenal allah melalui kalimat tayyibah     ( Istigfar )
1.      Mengenal Allah melalui Sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Asmaul Husna    ( Al – Gafur,Al-Afuwu,As-Sobur dam Al-Halim )

























BAB III
PEMBAHASAN UTAMA
A.    Hasil Penelitian di Buku Aqidah Tingkat Madrasah Ibtidaiyah
Setelah Penulis mengkaji dan meneliti Buku Aqidah di tingkat Madrasah Ibtidaiyah yang diterbitkan oleh PT INTIMEDIA CIPTANUSANTARA,PT NUSANTARALESTARI CERIAPRATAMA dan PT TIGA SERANGKAI PUSTAKA MANDIRI,maka hasilnya adalah sebagai berikut:
1.    Menurut Penulis dalam Buku Aqidah Kelas I Madrasah Ibtidaiyah tidak terdapat kejanggalan dan penyimpangan Aqidah
2.    Menurut Penulis dalam Buku Aqidah Kelas II Madrasah Ibtidaiyah terdapat kejanggalan dan penyimpangan Aqidah
3.    Menurut Penulis dalam Buku Aqidah Kelas III Madrasah Ibtidaiyah tidak terdapat kejanggalan dan penyimpangan Aqidah
4.    Menurut Penulis dalam Buku Aqidah Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah terdapat kejanggalan dan penyimpangan Aqidah
5.    Menurut Penulis dalam Buku Aqidah Kelas V Madrasah Ibtidaiyah tidak terdapat kejanggalan dan penyimpangan Aqidah
6.    Menurut Penulis dalam Buku Aqidah Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah terdapat kejanggalan dan penyimpangan Aqidah
B.      Kejanggalan dan Penyimpangan di Buku Aqidah di tingkat Madrasah Ibtidaiyah
Setelah Penulis mengkaji dan meneliti Buku Aqidah Akhlak  Kelas V Madrasah Ibtidaiyah yang diterbitkan oleh PT INTIMEDIA CIPTANUSANTARA, PT NUSANTARALESTARI CERIAPRATAMA dan PT TIGA SERANGKAI PUSTAKA MANDIRI,maka Penulis menemukan kejanggalan dan penyimpangan Aqidah dalam buku tersebut.Buku yang mengalami kejanggalan tersebut terdapat di kelas II,IV dan VI Madrasah Ibtidaiyah.Oleh karena itu maka penulis akan mengkaji kejanggalan dan penyimpangan tersebut yaitu sebagai berikut:
1.    Buku Aqidah kelas II Madrasah Ibtidaiyah
Menurut Penulis Dalam buku tersebut terdapat sebuah kjanggalan dan penyimpangan Aqidah,yaitu terdapat dalam kalimat:

Meski Kita tidak suci seprti Allah,tetapi Kita harus menerapkan Nama dan  sifat Allah dalam kehidupan sehari-hari.[1]
Ungkpan seperti itu jelas-jelas merupakan penyimpangan Aqidah,karena ungkapan tersebut termasuk kepada Tasybih,yaitu menyamakan Allah dengan sesuatu.Sementara didalam Islam Tasybih itu tidak dibolehkan.Orang-orang Yahudi melakukan Tasybih yaitu menyamakan Allah seperti Makhluk.Sementara Orang-orang Nasrani menyamakan Makhluk seperti Allah.
Oleh karena itu,Manusia tidak boleh ditamtsilkan dengan Allah karna Allah berbeda dengan Makhluknya.Allah SWT Berfirman:

“ Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia dan Dialah yang maha mendengar lagi maha mengetahui “.( Qs.As-Syuraa:11 )
Allah SWT juga Berfirman:

“ Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia “.( Qs.Al-Ikhlas:4 )
2.    Buku Aqidah kelas IV Madrasah Ibtidaiyah
Menurut Penulis Dalam buku tersebut terdapat sebuah kjanggalan dan penyimpangan Aqidah,yaitu terdapat dalam kalimat:
Nabi dan Rasul yang disebutkan dalam Al-Qur’an dan wajib kamu ketahui berjumlah 25 orang.[2]
        Kalimat tersebut merupakan sebuah penyimpngan,karena Nabi yang disebutkan dlam Al-Qur’an bukan berjumlah 25 orang,tetapi ada juga Nabi yang disebutkan dalam Al-Qur’an yaitu Nabi Uzair.Sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an:

“ Berkata orang-orang Nasrani bahwa Uzair adalah anak Allah “
Maka oleh sebab itulah kalau memang masih ada nama Nabi yang disebutkan dalam Al-Qur’an kenama tidak disebutkan,itu artinya kalau masih ada Nabi yang disebutkan dalam Al-Qur’an terus tidak disebutkan sesuai dengan kenyatanya mka itu termasuk kepada Menafikan Salah satu Nabi yang disebutkan dalam Al-Qur’an,dan didalam Islam Menafikan salah satu  Nabi yang telah disebutkan oleh Allah dalam Al-Qur’an itu tidak dibolehkan.
3.    Buku Aqidah kelas VI Madrasah Ibtidaiyah
Menurut Penulis Dalam buku tersebut terdapat sebuah kjanggalan dan penyimpangan Aqidah,yaitu terdapat dalam kalimat:
Dengan beristigfar maka kesalahan atau dosa,baik dosa yang besar maupun dosa yang kecil akan diampuni oleh Allah.[3]
Kalimat tersebut itu merupakan sebuah kejanggalan karena kalimat tersebut bertentangan dengan Firman Allah yang menyatakan Bahwa Allah akan mengampuni semua dosa kecuali dosa Musryik.Allah SWT Berfirman:

“ Allah tidak akan mengampuni dosa musyrik dan akan mengampuni dusa selain musyrik bagi orang yang dikehendakinya”.( Qs.Anisa 48 )
Bagaimana mungkin Allah Akan mengampuni dosa Musyrik karena didalam Al-Qur’an dijelaskan yaitu didalam Surat Al-Maidah ayat 72:

“ Sesungguhnya orang yang mempersekutukan Allah ,maka pasti Allah mengharamkan  kepadanya Syurga dan tempatnya adalah neraka “. ( Qs.Al-Maidah:73 )
Rosulullah SAW Bersabda:


“ Barang siapa yang mati tidak menyekutukan Allah sedikitpun maka ia akan masuk syurga,dan barang siapa yang mati dan menyekutukan Allah dengan sesuatu maka ia akan masuk neraka “.( HR.Muslim )



BAB IV
KESIMPULAN
A.   Kesimpulan
Ranah Kajian Aqidah di tingkat Madrasah Ibtidaiyah terdiri dari beberapa pokok bahasan,yaitu Kalimat Tayyibah,Asmaul Husna dan Rukun Iman.
SKKD Aqidah di tingkat Madrasah Ibtidaiyah baik dari semester I  maupun semester II mulai dari kelas I sampai dengan kelas VI tidak ada masalah sama sekali.
Kemudian setelah mengkaji dan meneliti Buku Aqidah di tingkat Madrasah Ibtidaiyah ternyata dalam materi ajar  tersebut  terdapat beberapa kejanggalan dan penyimpangan Aqidah yang menyimpang dari Syari’at Islam,dan sebagian lagi tidak ada kejanggalan dan penyimpangan dalam materi ajar tersebut.
B.   Saran
Adapun Saran yang Penulis bisa sampaikan adalah sebagai berikut:
1.  Kepada Para Pendidik agar lebih berhati-hati lagi dalam menyampaikan materi ajar kepada para peserta didiknya menimbang masih ada materi-materi ajar yang  tidak sesuai dengan Syari’at Islam.
2.  Kepada Para penyusun dan pencetak Buku Aqidah agar lebih teliti lagi sebelum menerbitkan buku-buku tersebut supaya buku-buku tersebut sesuai dengan Syari’at Islam.





                               



[1] Ahmad Babuddin,Aqidah Akhlak kelas II.PT INTIMEDIA CIPTANUSANTARA,Jakarta.hal.8
[2] Ahmad Babuddin,Aqidah Akhlak kelas IV.PT NUSANTARALESTARI CERIAPRATAMA,Jakarta.hal.60
[3] Ahmad Babuddin,Aqidah Akhlak kelas IV.PT NUSANTARALESTARI CERIAPRATAMA,Jakarta.hal.60

Tidak ada komentar:

Posting Komentar