BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Di dalam UU No. 20 tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa:“ Pendidikan Nasional
berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa
yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan
potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri,
dan menjadi warga Negara yang bertanggung jawab. Untuk mencapai
tujuan tersebut, maka salah satu bidang studi yang harus dipelajari oleh
peserta didik di Madrasah adalah pendidikan agama Islam, yang dimaksudkan untuk
membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa serta berakhlak mulia”.
Pendidikan Agama Islam di
Madrasah Ibtidaiyah terdiri atas empat mata pelajaran, yaitu: Al-Qur’an Hadis,
Aqidah Akhlak, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Masing-masing Mata Pelajaran tersebut pada
dasarnya saling terkait,saling isi mengisi, dan saling melengkapi.
Akidah atau Keimanan merupakan akar atau pokok
Agama dan Akhlak bertitik tolak dari Akidah, yakni sebagai konsekuensi dari
Akidah.Akhlak merupakan aspek sikap hidup atau kepribadian hidup manusia, dalam
arti bagaimana sistem norma yang mengatur hubungan manusia dengan Allah dan
hubungan manusia dengan manusia lainnya itu menjadi sikap hidup dan kepribadian
hidup manusia dalam menjalankan sistem kehidupannya.
Dalam pembelajaran
diperlukan adanya Standar yang dapat dijadikan ukuran dan Pedoman. Standar
Kompetensi yang mana merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang
menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan
dicapai pada setiap kelas atau semester pada suatu Mata Pelajaran. Sedangkan
Kompetensi Dasar merupakan sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik
dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi
dalam suatu pelajaran.
Dengan
adanya SK dan KD diharapkan tujuan pembelajaran akan tercapai.
Meskipun demikian,masih
banyak Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar dalam Mata pelajaran Akidah yang
mengajarkan hal-hal yang yang tidak sesuai dengan Syari’at Islam ( Menyimpang
).Oleh sebab itulah maka Penulis akan meneliti dan memfokuskan untuk
menganalisis Materi,SK dan KD kelas I-VI
Madrasah Ibtidaiyah.
B. Perumusan Masalah
Dalam Penelitian ini akan dirumuskan beberapa
masalah,yaitu diantaranya sebagai berikut:
1.
Bagaimana Ranah Kajian Aqidah di kelas
I-VI MI ?
2.
Bagaimana SK-KD Aqidah di kelas I-VI MI
?
3.
Apa saja Kejanggalan dan Penyimpangan
di buku Aqidah kelas I-VI MI ?
4.
Bagaimana Hasil Penelitian Aqidah di
kelas I-VI MI ?
C. Tujuan Penelitian
Tujuan Penelitian ini dilakukan yaitu sebagai berikut:
1.
Untuk mengetahui apakah ada Materi
Aqidah yang janggal atau menyimpang di kelas I-VI Madrasah Ibtidaiyah
2.
Untuk mengetahui apakah ada SKKD Aqidah
yang janggal atau menyimpang di kelas I-VI Madrasah Ibtidaiyah
BAB
II
LANDASAN TEORITIS
A.
Ranah Kajian Aqidah Tingkat Madrasah
Ibtidaiyah
1. Ranah Kajian Aqidah kelas I Madrasah
Ibtidaiyah
a.
Semester I
Bab
I : Rukun Iman dan Lafal Dua Kalimah Syahadah
Bab
II : Asma’ul Husna
-
Al-Ahad
-
Al-Khaliq
b.
Semester II
Bab III: Kalimat Tayyibah dan Asmaul Husna
-
Basmallah
-
Ar – Rahman
-
Ar – Rahim
-
As-Sami
2. Ranah Kajian Aqidah kelas II Madrasah
Ibtidaiyah
a.
Semester I
Bab I : Kalimat Tayyibah dan Asma’ul
Husna
-
Hamdalah
-
Ar-Razaq
-
Al-Magni
-
Al-Hamid
-
As-Syakur
b.
Semester II
Bab II : Kalimat Tayyibah dan Asma’ul
Husna
-
Tasbih
-
Al-Quddus
-
As-Shamad
-
Al-Muhaimin
-
Al-Badi
3. Ranah Kajian Aqidah kelas III Madrasah
Ibtidaiyah
a.
Semester I
Bab I : Kalimat Tayyibah I
-
Subhanallah
-
Masya Allah
Bab II : Asma’ul
Husna I
-
Al-Mushawwir
-
Al-Halim
-
Al-Karim
Bab III : Beriman kepada Malaikat-malaikat
Allah
b.
Semester
II
Bab
IV : Kalimat Tayyibah II
-
Taawuz
Bab V : Asma’ul Husna II
-
Al-Bathin
-
Al-Wali
-
Al-Mujib
-
Al-Wahhab
Bab VI : Makhluh Gaib selain Malaikat
4. Ranah Kajian Aqidah kelas IV Madrasah
Ibtidaiyah
a.
Semester
I
Bab I : Kalimat Tayyibah dan Asma’ul
Husna
-
Subhanallah
-
Masya Allah
-
Al-Alim
-
Az-Zahir
-
Ar-Rasyid
-
Al-Hadi
Bab II : Mengenal
Kitab-kitab Allah
b.
Semester
II
Bab III : Kalimat Tayyibah dan Asma’ul Husna
-
Assalamu’alaikum
-
As-Salam
-
Al-Mu’min
-
Al-Latif
Bab IV : Beriman kepada Rasul-rasul Allah
5. Ranah Kajian Aqidah kelas V Madrasah
Ibtidaiyah
a.
Semester I
Bab I : Kalimat Tayyibah dan Asmaul Husna
-
Salawat Nabi
-
Al – Baqi
-
Al – Bashir
Bab II
: Beriman Kepada Hari Akhir
b.
Semester II
Bab III: Kalimat Tayyibah dan Asmaul Husna
-
Istirja’
-
Al – Muhyi
-
Al – Mumit
6. Ranah Kajian Aqidah kelas VI Madrasah
Ibtidaiyah
a.
Semester I
Bab I : Kalimat Tayyibah
-
Lahaula wala quwwata illa billah
Bab II
: Beriman Kepada Qada dan Qadar
b.
Semester II
Bab III: Kalimat Tayyibah dan Asmaul Husna
-
Istigfar
-
Al – Gafur
B.
SKKD Aqidah Tingkat
Madrasah Ibtidaiyah
1. SKKD kelas I
Semester I dan II
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Mengenal Rukun Iman.Syahadat Tauhid dan Syahadat
Rasul,Asma’ul Husna ( Al-Ahad dan Al-Khaliq )
2. Mengenal Rukun Iman.Syahadat Tauhid dan Syahadat
Rasul,Asma’ul Husna ( Al-Ahad dan Al-Khaliq )
|
1.1 Menghapal enam
Rukun Iman
1.2 Menghapal Dua
kalimah Syahadah
1.3
Mengartikan Dua kalimah Syahada
2.1 Mengenal
sifat-sifat Allah ( Al-Ahad dan Al-Khaliq ) melalui kisah Nabi Ibrahim AS
mencari Tuhanya
|
Semester II
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami
Kalimat Tayyibah ( Basmalah ), dan Asmaul Husna ( Ar-Rahman, Ar-Rahim dan
As – Sami’ )
|
1.1
Mengenal Allah melalui kalimat tayyibah ( Basmalah )
1.2
Mengenal sifat-sifat ( Ar-Rahman,Ar-Rahim dan As-Sami’ ) melalui
kish Nabi Sulaiman dengan tentara semut
|
2. SKKD kelas II
Semester I dan II
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Memahami
Kalimat Tayyibah ( Hamdalah ), dan Asmaul Husna ( Ar-Razak, Al-Mugni,Al-Hamid dan
As – Syakur )
|
1.1
Mengenal Allah melalui kalimat Tayyibah ( Hamdalah )
1.2
Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Asma’ul
Husna ( Ar-Razak, Al-Mugni,Al-Hamid dan
As – Syakur )
1.3
Mengenal Allah melalui pengenalan terhadap shalat lima waktu
|
Semester II
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
2. Memahami
Kalimat Tayyibah ( Tasbih ), dan Asmaul Husna ( Al-Qudus, As-Shamad ,Al-Muhaimin dan
Al-Badi )
|
2.1
Mengenal Allah melalui kalimat tayyibah ( Tasbih )
2.2
Mengenal sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Asma’ul
Husna ( Al-Qudus, As-Shamad ,Al-Muhaimin dan
Al-Badi )
|
3. SKKD
kelas
III
Semester I dan II
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami
Kalimat Tayyibah ( Subhanallah dan Masya Allah )
2.
Memahami Sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Asma’ul Husna
3.
Beriman kepada Malaikat-malaikat Allah
|
1.1 Mengenal
Allah
melalui kalimat tayyibah ( Subhanallah dan Masya Allah )
1.2 Mengenal
Allah
melalui sifat-sifat Allah
yang terkandung dalam Asma’ul Husna ( Al-Mushowir,Al-Halim dan Al-Karim )
1.3 Mengenal Malaikat-Malaikat Allah
|
Semester II
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami Kalimat Tayyibah ( Taawuz )
2.
Memahami Sifat-sifat Allah dalam Asma’ul Husna
3.
Beriman kepada Makhluk ghaib selain Malaikat
|
1.1
Mengenal Allah melalui kalimat tayyibah ( Taawuz )
2.1
Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam
Asma’ul Husna ( Al-Bathin, Al-Wali ,Al-Mujib dan
Al-Wahhab )
3.1 Mengenal
Makhluk ghaib selain Malaikat ( Jin dan Syetan )
|
4. SKKD
kelas
IV
Semester I dan II
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami Kalimat Tayyibah ( Masya Allah dan Subhanallah ) dan
Asma’ul Husna ( Al-Alim,Az-Zahir, Ar-Rasyid dan Al-Hadi )
2.
Beriman kepada Kitab-kitab Allah
|
1.1 Mengenal
Allah
melalui kalimat tayyibah (Masya Allah dan Subhanallah )
1.2
Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Asma’ul Husna (
Al-Alim,Az-Zahir, Ar-Rasyid dan Al-Hadi )
2.1 Mengenal Malaikat-Malaikat Allah
|
Semester II
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami Kalimat Tayyibah ( Assalamualaikum ) dan Asma’ul Husna (
As-Salam,Al-Mu’min dan Al-Latif )
2.
Beriman kepada Rasul-Rasul Allah
|
1.2
Mengenal Allah melalui kalimat tayyibah ( Assalamualaikum )
a.
Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam
Asma’ul Husna ( As-Salam,Al-Mu’min
dan Al-Latif )
2.1 Mengenal
Rasul dan Nabi Allah
|
5. SKKD
kelas
V
Semester I dan II
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Memahami
Kalimat Tayyibah (Salawat Nabi ),Asmaul Husna ( Al - Baqi dan Al – Bashir )
2. Beriman
kepada Hari Akhir (
Kiamat )
|
1.1 Mengenal
Allah Melalui Kalimat Tayyibah ( Salawat Nabi )
1.2
Mengenal Allah
melalui sifat-sifat allah yang
terkandung dalam Asmaul Husna
( Asmaul Husna )
2.1 Mengenal adanya Hari Akhir ( Kiamat )
|
Semester II
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami Kalimat Tayyibah ( Tarji’ ), dan Asmaul Husna ( Al – Muhyi dan Al – Mumit )
|
1.1
Mengenal allah melalui kalimat
tayyibah ( Istirjai’)
1.2
Mengenal Allah melalui
Sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Asmaul Husna ( Al-Muhyi dan Al-Mumit )
|
6. SKKD
kelas
VI
Semester I dan II
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Memahami Kalimat Tayyibah ( La haula wala quwata illa billahil aliyul adzim )
2.
Beriman kepada Takdir Allah
|
1.1 Mengenal
Allah Melalui Kalimat Tayyibah ( La haula wala quwata illa billahil aliyul adzim )
1.2
Mengenal Allah
melalui sifat-sifat allah yang
terkandung dalam Asmaul Husna
( Al-Qawi,Al-Hakim,Al-Mushawir dan
Al-Qadir )
2.1
Mengenal adanya Takdir Allah
|
Semester II
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami Kalimat Tayyibah ( Istigfar ), dan Asmaul Husna ( Al – Gafur,Al-Afuwu,As-Sobur dam Al-Halim )
|
1.1 Mengenal
allah melalui kalimat tayyibah ( Istigfar )
1.
Mengenal Allah melalui
Sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Asmaul Husna ( Al – Gafur,Al-Afuwu,As-Sobur dam Al-Halim )
|
BAB
III
PEMBAHASAN UTAMA
A.
Hasil
Penelitian di Buku Aqidah Tingkat Madrasah Ibtidaiyah
Setelah Penulis mengkaji dan meneliti Buku Aqidah di
tingkat Madrasah Ibtidaiyah yang diterbitkan oleh PT INTIMEDIA CIPTANUSANTARA,PT
NUSANTARALESTARI CERIAPRATAMA dan PT TIGA SERANGKAI PUSTAKA MANDIRI,maka
hasilnya adalah sebagai berikut:
1.
Menurut Penulis dalam Buku Aqidah Kelas
I Madrasah Ibtidaiyah tidak terdapat kejanggalan dan penyimpangan Aqidah
2.
Menurut Penulis dalam Buku Aqidah Kelas
II Madrasah Ibtidaiyah terdapat kejanggalan dan penyimpangan Aqidah
3.
Menurut Penulis dalam Buku Aqidah Kelas
III Madrasah Ibtidaiyah tidak terdapat kejanggalan dan penyimpangan Aqidah
4.
Menurut Penulis dalam Buku Aqidah Kelas
IV Madrasah Ibtidaiyah terdapat kejanggalan dan penyimpangan Aqidah
5.
Menurut Penulis dalam Buku Aqidah Kelas
V Madrasah Ibtidaiyah tidak terdapat kejanggalan dan penyimpangan Aqidah
6.
Menurut Penulis dalam Buku Aqidah Kelas
VI Madrasah Ibtidaiyah terdapat kejanggalan dan penyimpangan Aqidah
B.
Kejanggalan dan Penyimpangan di Buku Aqidah di
tingkat Madrasah Ibtidaiyah
Setelah Penulis mengkaji dan meneliti Buku Aqidah
Akhlak Kelas V Madrasah Ibtidaiyah yang
diterbitkan oleh PT INTIMEDIA CIPTANUSANTARA, PT NUSANTARALESTARI CERIAPRATAMA dan PT
TIGA SERANGKAI PUSTAKA MANDIRI,maka Penulis menemukan kejanggalan dan penyimpangan
Aqidah dalam buku tersebut.Buku yang mengalami kejanggalan tersebut terdapat di
kelas II,IV dan VI Madrasah Ibtidaiyah.Oleh karena itu maka penulis akan
mengkaji kejanggalan dan penyimpangan tersebut yaitu sebagai berikut:
1. Buku Aqidah kelas II Madrasah
Ibtidaiyah
Menurut Penulis
Dalam buku tersebut terdapat sebuah kjanggalan dan penyimpangan Aqidah,yaitu
terdapat dalam kalimat:
Meski Kita tidak suci seprti Allah,tetapi Kita harus
menerapkan Nama dan sifat Allah dalam
kehidupan sehari-hari.[1]
|
Ungkpan seperti
itu jelas-jelas merupakan penyimpangan Aqidah,karena ungkapan tersebut termasuk
kepada Tasybih,yaitu menyamakan Allah dengan sesuatu.Sementara didalam Islam
Tasybih itu tidak dibolehkan.Orang-orang Yahudi melakukan Tasybih yaitu
menyamakan Allah seperti Makhluk.Sementara Orang-orang Nasrani menyamakan
Makhluk seperti Allah.
Oleh karena
itu,Manusia tidak boleh ditamtsilkan dengan Allah karna Allah berbeda dengan
Makhluknya.Allah SWT Berfirman:
“ Tidak ada
sesuatupun yang serupa dengan Dia dan Dialah yang maha mendengar lagi maha mengetahui
“.( Qs.As-Syuraa:11 )
Allah SWT juga
Berfirman:
“ Dan tidak ada
seorangpun yang setara dengan Dia “.( Qs.Al-Ikhlas:4 )
2. Buku Aqidah kelas IV Madrasah
Ibtidaiyah
Menurut Penulis
Dalam buku tersebut terdapat sebuah kjanggalan dan penyimpangan Aqidah,yaitu
terdapat dalam kalimat:
Nabi dan Rasul yang disebutkan dalam Al-Qur’an dan
wajib kamu ketahui berjumlah 25 orang.[2]
|
Kalimat tersebut merupakan sebuah
penyimpngan,karena Nabi yang disebutkan dlam Al-Qur’an bukan berjumlah 25
orang,tetapi ada juga Nabi yang disebutkan dalam Al-Qur’an yaitu Nabi
Uzair.Sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an:
“ Berkata
orang-orang Nasrani bahwa Uzair adalah anak Allah “
Maka oleh sebab
itulah kalau memang masih ada nama Nabi yang disebutkan dalam Al-Qur’an kenama
tidak disebutkan,itu artinya kalau masih ada Nabi yang disebutkan dalam
Al-Qur’an terus tidak disebutkan sesuai dengan kenyatanya mka itu termasuk
kepada Menafikan Salah satu Nabi yang disebutkan dalam Al-Qur’an,dan didalam
Islam Menafikan salah satu Nabi yang
telah disebutkan oleh Allah dalam Al-Qur’an itu tidak dibolehkan.
3. Buku Aqidah kelas VI Madrasah
Ibtidaiyah
Menurut Penulis
Dalam buku tersebut terdapat sebuah kjanggalan dan penyimpangan Aqidah,yaitu
terdapat dalam kalimat:
Dengan beristigfar maka kesalahan atau dosa,baik dosa
yang besar maupun dosa yang kecil akan diampuni oleh Allah.[3]
|
Kalimat tersebut itu merupakan sebuah kejanggalan karena
kalimat tersebut bertentangan dengan Firman Allah yang menyatakan Bahwa Allah
akan mengampuni semua dosa kecuali dosa Musryik.Allah SWT Berfirman:
“ Allah tidak akan mengampuni dosa
musyrik dan akan mengampuni dusa selain musyrik bagi orang yang
dikehendakinya”.( Qs.Anisa 48 )
Bagaimana mungkin Allah Akan mengampuni dosa Musyrik
karena didalam Al-Qur’an dijelaskan yaitu didalam Surat Al-Maidah ayat 72:
“ Sesungguhnya orang yang
mempersekutukan Allah ,maka pasti Allah mengharamkan kepadanya Syurga dan tempatnya adalah neraka
“. ( Qs.Al-Maidah:73 )
Rosulullah SAW
Bersabda:
“ Barang siapa
yang mati tidak menyekutukan Allah sedikitpun maka ia akan masuk syurga,dan
barang siapa yang mati dan menyekutukan Allah dengan sesuatu maka ia akan masuk
neraka “.( HR.Muslim )
BAB
IV
KESIMPULAN
A. Kesimpulan
Ranah Kajian Aqidah di tingkat Madrasah Ibtidaiyah
terdiri dari beberapa pokok bahasan,yaitu Kalimat Tayyibah,Asmaul Husna dan Rukun
Iman.
SKKD Aqidah di tingkat Madrasah Ibtidaiyah baik dari
semester I maupun semester II mulai dari
kelas I sampai dengan kelas VI tidak ada masalah sama sekali.
Kemudian setelah mengkaji dan meneliti Buku Aqidah di
tingkat Madrasah Ibtidaiyah ternyata dalam materi ajar tersebut
terdapat beberapa kejanggalan dan penyimpangan Aqidah yang menyimpang
dari Syari’at Islam,dan sebagian lagi tidak ada kejanggalan dan penyimpangan
dalam materi ajar tersebut.
B. Saran
Adapun Saran yang Penulis bisa sampaikan adalah sebagai
berikut:
1. Kepada Para Pendidik agar lebih berhati-hati
lagi dalam menyampaikan materi ajar kepada para peserta didiknya menimbang
masih ada materi-materi ajar yang tidak
sesuai dengan Syari’at Islam.
2. Kepada Para penyusun dan pencetak Buku Aqidah
agar lebih teliti lagi sebelum menerbitkan buku-buku tersebut supaya buku-buku
tersebut sesuai dengan Syari’at Islam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar